Minggu, 06 Maret 2016

KUMPULAN SOAL BAHASA INDONESIA

ULANGAN HARIAN 1 SEMESTER GENAP
BAHASA INDONESIA                                                      KELAS :   X IPA/IPS
===================================================================
Berilah tanda silang pada jawaban yang benar!
1.       Struktur teks anekdot adalah….
A.          Pernyataan umum-deskripsi bagian
B.         Pernyataan pendapat-argumentasi-penegasan ulang
C.          Orientasi-argumentasi-penutup
D.         Pembuka-isi-penutup
E.          Abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda
     2.      Berikut ini adalah unsur-unsur anekdot, kecuali
A.           Judul
B.           Partisipan
C.           Humor
D.          Kritik
E.           Fiktif
    3.      Bagian yang menunjukkan situasi awal cerita disebut ….
A.           Abstraksi
B.           Orientasi
C.           Krisis
D.          Reaksi
E.           Koda
    4.      Bagian yang menunjukkan konflik cerita disebut….
A.           Abstraksi
B.           Orientasi
C.           Krisis
D.          Reaksi
E.           Koda
    5.      Bagian yang menunjukkan tanggapan tokoh terhadap konflik disebut …
A.           Abstraksi
B.           Orientasi
C.           Krisis
D.          Reaksi
E.           Koda
6.      Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!
          Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai. “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang dirasakan”.
                Namun kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam. Kapal dapat diselamatkan setelah dia bersusah payah dan bekerja keras yaitu  membuang semua muatan yang ada dalam kapal itu.
                Kejadiaan tersebut mengingatkan padanya kalau dia adalah seorang ‘pelaut ulung’ Badailah yang membuatnya ulung.
               Pikirannya kembali kepada keluarganya.“Bagaimana kalau istri dan anakku yang kubuang? Apakah saya akan memperoleh ketenangan dan merasakan kebahagiaan?” ujar si pelaut.
               Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.

Kalimat yang menunjukkan abstraksi adalah…
A.           Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai
B.           “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang kurasakan”
C.           Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir
         tenggelam.
D.          Badailah yang membuatnya ulung
E.           Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.
7.         Bacalah teks berikut ini!
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.

         Kalimat yang menunjukkan krisis adalah…
A.     Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas.
B.      “Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.
C.        Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu
        kalian foto.
D.       ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata
        bapak  itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering
        banjir”
E.       Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.

8.        Kalimat yang menunjukkan coda adalah…
A.     Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas.
B.      “Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.
C.        Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu
        kalian foto.
D.       ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata
         bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering
         banjir”
               E.       Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa

  9.       Susunlah anekdot berikut ini sesuai dengan strukturnya!
1. Bu guru pun tersenyum
2. Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya
             Bu guru di depan kelas.
3. Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
4. Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5. Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
6. Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
              Urutan susunan anekdot yang tepat adalah…
  A.           1-2-3-4-5-6
     B.           2-4-5-3-6-1
     C.           2-4-3-5-1-6
     D.          1-2-4-5-3-6
     E.           3-2-1-4-5-6
10.  Bacalah teks di bawah ini!
Seorang ayah mengajari anaknya berenang. “Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak. “Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak”, jawab ayahnya. Sang anak gembira. Setelah beberapa hari latihan renang itu, sang ayah tampak bersedih sementara sang anak tampak gembira. “Terimakasih yah, akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah bersedih?” tanyanya. “Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak!”

Kalimat manakah yang menunjukkan orientasi?
A.           Seorang ayah mengajari anaknya berenang
B.           Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak.
C.           Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak
           D.          Terimakasih yah, akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku
          kuasai, tapi kenapa ayah bersedih?
E.           Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak
11.  Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah….
A.          struktur teks orientasi-krisis-reaksi
B.         memiliki pesan moral
C.          memiliki unsur lucu
D.         berbentuk cerita
E.          menggelitik
12.  Kaidah teks meliputi….
A.           pesan moral, kelucuan/kekonyolan, sindiran, dan kebahasaan
B.           struktur, pesan moral, sindiran, kelucuan/kekonyolan
C.           kelucuan/kekonyolan, sindiran, dan kebahasaan
D.          pesan moral, kelucuan/kekonyolan,sindiran
E.           pesan moral, sindiran, kebahasaan

13.  Bacalah teks anekdot berikut ini secara saksama!
                                    Albert Einstein  :   Mengapa bebek-bebek suka sekali menyeberangi jalan raya?
                                    Newton            :    Bebek-bebek yang suka berdiam diri cenderung akan berdiam
                                           terus, sedangkan bebek-    bebek yang senang bergerak ya akan
                                           begitu terus, termasuk mereka yang selalu senang
                                           menyeberangi jalan raya itu.
                                     Albert Einstein :   Saya kira tidak begitu. Apakah bebek-bebek yang menyeberangi
                                                                   jalan raya atau jalan raya yang menyeberangi bebek-bebek?
                                                                   Saya kira hal itu bergantung pada cara kita     memandangnya
                                                                   alias sesuai dengan hukum relativitas.
Tokoh yang melatarbelakangi anekdot di atas adalah ….
A.      agamawan
B.       ilmuwan
C.       negarawan
D.      politikus
E.       sejarawan
14.  Bacalah teks di bawah ini!
Teks 1
Dono: Besok pagi coblosan, kamu pilih nomor berapa?
Wati: Bagiku semua nomor bagus, saya akan memilih wakil rakyat yang bisa membawa Indonesia ke kancah internasional.
Dono: Nomor satu atau dua?
Wati: Rahasia, dong!
Teks 2
Di gubuk pinggir sawah, ada seorang anak kecil dan bapaknya sedang menunggu padi dari serangan burung.
Anak: Pak, kenapa burung tidak boleh makan padi kita?
Bapak: Kalau dimakan burung, nanti kita tidak bisa makan.
Anak: Kalau tidak boleh makan padi, nanti burung makan apa?Makan batu, Pak?
Hal yang membedakan kedua teks di atas adalah .…
A.           bahasa
B.           pesan moral
C.           unsur lucu/konyol/jengkel
D.          tidak menggunakan konjungsi
E.           tidak menggunakan perumpamaan
15.  Bacalah teks di bawah ini!
Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila program akselerasi ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi. Mereka mengatakan bahwa siswa- dari program akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program reguler. 

Berikut ini adalah alasan teks di atas bukan termasuk teks anekdot, kecuali….
A.           tidak lucu/konyol
B.           tidak memiliki pesan moral
C.           tidak memiliki konjungsi sebab-akibat
D.          tidak menggunakan konjungsi temporal
E.           tidak memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda
16.  Cermati teks anekdot berikut ini untuk soal nomor 5-6!
Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Ali bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.
17. Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian …
A.      Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.
B.       Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.
C.       Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara.
D.      Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad.
E.       Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab pertanyaan dosen.

  18.  Arti istilah ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks tersebut adalah ….
A.      setiap perkara dikenai biaya
B.       setiap perkara dapat ditindaklanjuti dengan uang
C.       setiap perkara dapat diselesaikan dengan uang
D.      setiap perkara tidak dapat diuangkan
E.       setiap perkara tidak dapat diselesaikan
19. Bacalah teks di bawah ini!
Agus : Siapa yang kalau jalan memiliki kaki dua dan kalau berhenti memiliki kaki empat?
Sarjono: Ehm…apa, ya?
Agus : Nyerah? Orang jual es dawet pakai pikulan. Kalau dia sedang jalan, kakinya hanya dua, tapi kalau dia berhenti kakinya empat.
Teks di atas tidak termasuk anekdot karena, kecuali.…
A.           Tidak menyindir
B.           Tidak lucu/konyol
C.           Tidak memiliki amanat
D.          Tidak memiliki pesan moral
E.           Tidak menggunakan konjungsi temporal
20.   Berikut ini , yang termasuk teks anekdot adalah….
A.  Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar”itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemasan-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam
B.  Saudara-saudara yang saya hormati, Beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung.Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
C.   Pernahkah Anda membuat SIM, misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar.
D.  Perdagangan bebas yang diusung oleh sebuah negara dipastikan dapat menguntungkan atau merugikan negara yang bersangkutan. Dampak negatif kebijakan politik negara di sektor ekonomi ini mudah kita temukan di Indonesia.
E.   Ibu-ibu sedang kerja bakti membersihkan jalan desa pada pagi hari. Suasana terkesan ramai, obrolan seputar harga, gosip, dan anak. “Wah, bulan ini banyak pangeluaran. Anak saya masuk kuliah dan adiknya masuk SMA,” kata Bu Tini “Semua ternak saya, saya sekolahkan Bu biar pintar” sambung Bu Tini “He..he..he” tawa Bu Romlah renyah Mereka pun melanjutkan membersihkan rumput di kanan dan kiri
21.   Berikut ini, manakah yang termasuk teks anekdot .…
A.   Sudah diketahui oleh semua orang bahwa pendidikan formal itu penting. Akan tetapi, apakah seseorang akan menjadi pemimpin sosial atau pemimpin politik yang bagus pada kemudian hari tidak selalu ditentukan oleh pendidikan formalnya. Diyakini bahwa pengalaman juga menjadi faktor penentu untuk menuju kesuksesan.
B.  Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies binatang langka, dalam praktiknya populasi binatang yang dilindungi makin berkurang. Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara pribadi binatang-binatang langka tersebut. Apalagi, ketika pasar domestik atau pasar internasional berani membeli spesies binatang langka dengan harga tinggi, makin tinggi pula pelanggaran terhadap larangan memperjualbelikan binatang langka tersebut.
C.   Pertumbuhan penduduk di bumi ini menimbulkan bertambahnya permukiman, pabrik, perkantoran, dan lain-lain. Pembangunan permukiman, pabrik, dan perkantoran itu dilakukan dengan memanfaatkan wilayah hutan tempat berbagai jenis binatang hidup. Ketika hutan dirusak untuk tujuan-tujuan tersebut, habitat atau wilayah tempat binatang-binatang itu hidup akan berkurang. Hal itu menyebabkan ketersediaan pangan untuk binatang-binatang itu berkurang. Perubahan kondisi alam yang demikian itu menyebabkan kepunahan beberapa spesies binatang yang hidup di hutan tersebut.
D.   Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat. Meskipun sering dikatakan terlalu mahal, itu tidak berarti bahwa program ini tidak diperlukan.
E.   Reuni berlangsung di sekolah daun Irwan bertanya pada Rudi," Wah, kamu jadi pejabat, ya?". " Kok tahu?" tanya Rudi lalu Irwan menjawab' " Ya, tahu lah…wajahmu kan gambar uang." Mereka tertawa bersama, hanyut dalam suasana gembira.

22.  Amati teks berikut ini!
Teks 1
Seekor kutu tinggal padatanduk banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang ingin pindah.
“Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.”
Teks 2
Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.
Teks 3
Saudara-saudara yang saya hormati,
beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
Yang termasuk teks anekdot adalah….
A.           Teks 1
B.           Teks 2
C.           Teks 3
D.          Teks 1 dan 2
E.           Teks 2 dan 3
23. Pada zaman sekarang, layanan publik sering mendapatkan....... atau menjadi bahan lelucon.
         Kata yang tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat tersebut adalah....
A. Kepuasan
B. Kenyamanan
C. Kritik
D. Reaksi
E. Sanksi

24. Cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting
      atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya adalah pengertian dari teks....
A. Eksposisi
B. Anekdot
C. Prosedur kompleks
D. Negosiasi
E. Laporan
Bacalah dengan teliti dan cermat ! 9 untuk soal nomor 1-3 )
Khutbah Nasruddin
Suatu ketika, orang-orang di kota mengundang Nasruddin untuk menyampaikan khutbah di sebuah majelis.
Ketika tiba di mimbar, dia mendapati bahwa sebagian besar hadirin dalam majelis itu tidak terlampau bersemangat untuk mendengarkan khutbahnya. Sesudah menyampaikan salam, Nasruddin bertanya kepada hadirin, “Apakah kalian tahu apa yang akan saya sampaikan dalam khutbah ini ?” Hadirin serempak menjawab, “Tidak !” Sebab itu Nasruddin berkata, “Aku tidak punya keinginan untuk berbicara kepada orang-orang yang tidak mengetahui apapun tentang apa yang akan aku bicarakan” kemudian berjalan turun dari mimbar dan meninggalkan majelis.
Orang-orang merasa tidak enak hati kepadanya dan mengundangnya lagi pada keesokan harinya.
Keesokan harinya, sesampai di mimbar, Nasruddin mengulang pertanyaan yang sama dan hadirinpun menjawab, “Ya !”. Maka Nasruddin berkata, “Baiklah, karena kalian sudah tahu apa yang akan aku katakan maka aku tidak akan membuang waktu kalian yang sangat berharga.” Kemudian ia turun dari mimbar dan berjalan pulang. Kali ini orang-orang benar-benar dibuat bingung dan akhirnya mereka memutuskan untuk mencoba sekali lagi dan mengundangnya agar datang lagi minggu depan menyampaikan khutbah.
Minggu depannya, ketika naik mimbar, Nasruddin lagi-lagi bertanya yang sama, “Apakah kalian tahu apa yang akan saya sampaikan dalam khutbah ini ?” Kali ini hadirin sudah bersiap-siap untuk pertanyaan itu, maka sebagian dari mereka menjawab “Tidak !” dan sebagian lagi menjawab “Ya !”
Nasruddin pun berkata lagi, “Baiklah, kalau begitu sebahagian yang sudah tahu bisa menceritakan kepada sebahagian lainnya yang belum tahu” dan ia pun kemudian turun meninggalkan mimbar.
25.      Cuplikan anekdot di atas bertema…
A.       Kegemaran orang-orang kota  mendengakan khotbah Nasruddin
B.      Seorang Nasruddin yang akan berkhotbah di depan orang-orang kota
C.       Keeganggan Nasruddin berkhotbah ditengah-tengah orang kota
D.      Sikap antisipasi orang-orang kato terhadap khotbah Nasruddin
E.       Kemarahan Nasruddin terhadap sikap para pengundangnya

26.      Peristiwa lucu yang tampak pada cuplikan itu adalah
A.       Hadirin yang tidak memperhatikan khotbah Nasruddin
B.      Undangan orang-orang kota kepada Nasruddin
C.       Sikap Nasruddin yang begitu saja meninggalkan mimbar
D.      Para pejabat  yang tidak mendengarkan khotbah Nasruddin
E.       Ketidakberdayaanparah jamaah untuk  menahan Nasruddin turun dari mimbar.

27.      Teks di atas layak disebut anekdot karena….
A.       Mengandung tema sosial
B.      Disampaikan dalam bentuk cerita singkat
C.       Berupa kisah lucu yang menyadarkan
D.      Mengandung sindiran-sindiran
E.       Berkhotbah seserang yang lucu dan terkenal.
Sang birokat

sang birokat 
berbaju coklat
sepatu sedikit mengkilat 
kerja dari rapat ke rapat 

    sang birokat
    jarang berkeringat
    merasakan nikmat
    dari persembahan hormat
    dapat jaminan hidup sepanjang hayat
    tapi lupa daulat rakyat

28.  Puisi Anekdot di atas mengkritik…
A. rakyat
B. peserta rapat
C. warga negara Indonesia 
D. pemerintah 
E. pegawai
29.   Teks Anekdot di atas berbentuk...
A. sindiran 
B. pujian
C. gurauan 
D. kekecewaan
E.  harapan
30.  Pesan moral pada Anekdot di atas adalah…
       A. Menjadi birokrat harus selalu memakai baju coklat
       B. Menjadi birokrat sepatu harus sedikit mengkilap
       C. Menjadi birokrat kerjanya dari rapat ke rapat
       D. Menjadi birokrat harus memperhatikan rakyat
       E.  Menjadi birokrat mendapat jaminan hidup sepanjang hayat










Tidak ada komentar:

Posting Komentar